Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Penis Bengkok

Penis bengkok bisa menandakan terkena penyakit namun juga ada penyebab lain. Lebih jelasnya berikut ini empat penyebab penis bengkok yang biasanya terjadi.

1. Peyronie

Penis bengkok yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri parah pada pria ternyata karena penyakit peyronie. Penyakit ini ditandai dengan munculnya jaringan parut dan menumpuk di batang penis. Kondisi itu membuat penis tidak lurus ketika ereksi.

Peyronie selain menyebabkan rasa sakit, juga mengganggu penderitanya tidak bisa melakukan hubungan seksual karena mengalami disfungsi ereksi. 

Selain, rasa nyeri, penis bengkok dan disfungsi ereksi, gejala lain dari peyronie antara lain penis memendek, penis menyempit saat ereksi dan kalus atau penumpukan plak di pembuluh darah.


2. Cedera

Penis bisa bengkok karena mengalami cedera saat melakukan aktivitas seksual atau olahraga. Cedera yang paling sering terjadi hingga bikin penis bengkok adalah ketika penis keluar dari vagina dengan kondisi tidak sengaja terdorong ke panggul. 

3. Kelainan kolagen

Kelainan kolagen yang bisa menyebabkan penis bengkok biasanya terjadi karena faktor keturunan. Penis bengkok terjadi karena kolagen yang terdapat pada jaringan parut dominan lalu mengeras. Kondisi ini bisa menghambat aliran darah pada penis yang membuatnya menjadi melengkung atau bengkok.

4. Gangguan autoimun

Ternyata gangguan autoimun seperti penyakit lupus, sindrom Behcet, dan sindrom Sjogren bisa menyebabkan penis bengkok. Ini karena penyakit autoimun membuat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sel dan organ tubuh termasuk penis.


Cara Mengatasi Penis Bengkok

Penis bengkok ketika tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak mengganggu hubungan seksual tidak berbahaya bahkan tidak perlu diobati. Ini karena penis bengkok bukan masalah kesehatan serius dan tidak ada hubungannya dengan kanker. Namun penis bengkok yang disebabkan penyakit peyronie atau gangguan kesehatan lain harus diobati dengan serius.

Kasus penis bengkok yang belum parah bisa diobati dengan terapi obat steroid secara rutin. Sedangkan kondisi yang parah memerlukan tindakan operasi.

Operasi penis bengkok akan menjadi alternatif terakhir dari dokter untuk mengobati masalah ini. Biasanya terpaksa dioperasi karena penis bengkok sudah tidak menunjukkan perubahan yang lebih baik setelah diobati sebelumnya.

Tindakan bedah untuk meluruskan penis itu dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Misalnya pada kasus peyronie, dokter akan menghilangkan plak yang menyebabkan penis bengkok, kemudian menempelkan kulit atau jaringan yang berfungsi untuk meluruskan penis. Dokter juga bisa jadi menanamkan alat tertentu untuk meluruskan penis.

Operasi penis bengkok ini bisa dilakukan dokter spesialis bedah urologi andrologi. Dokter-dokter spesialis ini dan berpengalaman dalam menangani penis bengkok.

Posting Komentar untuk "Penyebab Penis Bengkok"